Sabtu, 02 Agustus 2014 RSS Feed ePaper Indonesia Business Daily

Pileg 2014 Batam, Penundaan Rapat Pleno PPS Rawan Kecurangan

Newswire   -   10 April 2014, 17:44 WIB

TERKAIT

Bisnis.com, BATAM - KPU Kota Batam, Kepulauan Riau, memutuskan menunda pelaksanaan rapat pleno penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menurut Ahmad Yani, Anggota KPU Batam, rapat pleno PPS ditunda dari jadwal seharusnya mulai Kamis (10/4) menjadi Jumat (11/4).

Dia mengatakan pemunduran itu terpaksa dilakukan karena perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara dilaksanakan hingga Rabu (9/4) tengah malam, sehingga petugas sudah terlalu letih jika perhitungan dilanjutkan pada Kamis pagi.

Namun, salah seorang saksi partai dalam Pemilu yang enggan disebutkan namanya justru khawatir dengan pengunduran waktu perhitungan suara, baik di tingkat TPS maupun PPS.

Menurut dia, penguluran waktu itu sangat rentan kecurangan dan jual beli suara. Banyaknya jeda waktu bisa dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggungjawab untuk berbuat curang. Karenanya ia memutuskan untuk terus berjaga di TPS.

"Kami memilih untuk jaga-jaga dan menginap. Karena ini potensial terjadi kecurangan, kami tidak ingin ada kecurangan apa pun," kata dia.

Selain rawan kecurangan, pengunduran waktu juga tidak sesuai Peraturan KPU yang mengharuskan form C1 terkirim ke KPU sebelum pukul 24.00 WIB, pada hari pemilihan.


Source : Antara

Editor : Yoseph Pencawan

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!

Komentar :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.